Tentang Kami

Administrator | Sabtu, 01 Oktober 2016 - 20:08:00 WIB | dibaca: 2097 pembaca

 Komisi Perlidungan Perempuan dan Anak adalah suatu lembaga sosial yang memberikan perlindungan dan pelayanan terhadap perempuan dan anak korban kekerasan, trafficking, dan penyelengaraan hak perempuan dan anak yang terjadi di rumah tangga, sekolah, atau publik. Komisi perlindungan perempuan dan anak merupakan lembaga sosial yang mendukung Pemerintah Kota Blitar dalam menegakkan aturan perundang-undangan dan peraturan daerah yang berkaitan dengan perlindungan perempuan dan anak.


Kelahiran Komite Perlidungan Perempuan dan Anak (KP2A) Kota Blitar dilandasi oleh kesadaran akan banyaknya peristiwa-peristiwa yang mengindikasikan adanya perlakuaan tidak adil terhadap perempuan dan anak sementara para korbannya masih belum mampu ditangani secara holistic dan terencana dengan melibatkan seluruh unsur yang terkait di lingkungan pemerintahan maupun seluruh maupun masyarakat. Data meuunjukkan bahwa pada tahun 2009 di Kota Blitar terjadi tindak kekerasan pada perempuan dan anak sebanyak di Kota Blitar terjadi tindak kekerasan pada perempuan dan anak sebanyak 14 kasus, itupun yang mampu dijaring dan dimonitor oleh Pemerintah Kota Blitar melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada BPMKB Kota Blitar sedangkan belum dilaporkan tentu masih lebih banyak lagi. Fakta tersebut menunjukkan bahwa persoalan perlindungan perempuan dan anak membutuhkan penanganan serius dari berbagai pihak melalui sebuah institusi yang legalitasnya dapat dipertanggungjawabkan.


Atas dasar kesadaran seperti itulah maka berbagai kalangan masyarakat yang difasilitasi dan didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kota Blitar melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPMKB) sepakat untuk membentuk Komisi Perlidungan Perempuan dan Anak di Kota Blitar


  • Online: 1 Hits: 116 / 158220